Keunggulan Pasir Merapi

Pasir Merapi Jogja Soloraya

Pasir merupakan bahan bangunan yang memiliki peranan penting dalam bangunan, konstruksi rumah, gedung, jalan raya, jalan tol dan lainnya. Untuk itu memiliki pengetahuan tentang kualitas pasir adalah hal yang harus kita miliki, karena kualitas pasir menentukan kualitas bangunan.

Bagaimana Cara Mengetes Kualitas Pasir?

Cara yang paling gampang untuk mengetahui kualitas pasir yang bagus adalah dengan cara menggenggam pasir tersebut kemudian dilepaskan. Jika pasir yang terjatuh dari genggaman menggumpal, maka kualitas pasir tersebut tidak terlalu baik. Karena pasir yang menggumpal banyak mengandung lumpur, tanah dan garam.

Namun, kualitas pasir yang bagus adalah pasir yang pecah dan bertebaran saat lepas dari genggaman.

Salah satu jenis pasir yang terbaik kualitasnya adalah pasir merapi.

Apa itu Pasir Merapi?

Pasir Merapi
Pasir Merapi

Pasir yang terkandung dalam material vulkanik yang dimuntahkan gunung Merapi, merupakan pasir kualitas terbaik untuk bahan bangunan. Di Jawa Tengah pasir gunung Merapi menjadi incaran, dan sering kali disebut sebagai primadonanya pasir. Adapun debu gunung berapi juga sanag baik digunakan untuk mengembaikan kesuburan tanah. Gunung Merapi merupakan gunung berapi yang sangat aktif di Jawa Tengah, jarena memiliki siklus aktif kurang lebih 4 tahun sekali mengalami erupsi.

Mengapa memilih pasir Merapi?

Keunggulan Pasir Merapi adalah material yang sangat baik untuk bahan pembuatan beton. Ujung silika yang runcing membentuk partikel yang memiliki sudut. Pola partikel bersudut itulah yang membuat ikatan pasir gunung api dengan semen menjadi lebih kuat. Pasir biasa memiliki ujung bulat sehingga kekuatan ikatannya dengan bahan pembuat beton lainnya lebih lemah.

Kandungan besi pasir gunung api sangat baik karena belum mengalami pelapukan sehingga baik untuk campuran bahan bangunan. Pasir gunung api juga memiliki kandungan lempung yang sangat sedikit. Selain membuat beton semakin kuat, sedikitnya lempung juga akan meningkatkan daya tahan beton dan membuat tingkat kekeroposan beton lebih rendah.  material vulkanik yang dapat dimanfaatkan untuk bangunan hanya yang berupa pasir atau kerikil. Material berukuran besar itu hanya terdapat di sekitar letusan gunung api. ika mencermati letusan Gunung Merapi saat ini, pasir yang dapat dipergunakan diperkirakan hanya yang berada dalam radius 15 kilometer dari puncak Gunung Merapi.

Untuk mengetahui kualitas pasir merapi dan bahan bangunan yang berasal dari Gunung Merapi lainnya, anda bisa melihat di halaman produk. Anda juga bisa bertanya tentang jarak pengiriman, harga dan detail pembelian dengan marketing kami di nomor handphone yang tercantum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *