Pengertian dan Macam Batu Split

Split Termurah Soloraya

Apa sih sebenarnya Batu Split Itu?

Banyak orang yang masih asing dengan istilah batu split, namun kebanyakan orang tau bentuk dan wujudnya namun tidak tau namanya. Batu split atau yang sering disebut batu belah adalah batu yang dihasilkan dari batu yang berukuran besar, lalu dibelah menjadi ukuran kecil-kecil. Proses pembelahan batu ini ada yang dilakukan secara manual, yaitu dengan dipukul-pukul dan menggunakan stone crusher, mesin pembelah batu. Setelah dibelah   batu split tidak langsung digunakan, namun dipilah berdasarkan ukurannya. Karena setiap ukuran mempunyai fungsi yang berbeda. Secara umum fungsi utama batu split adalah sebagai bahan campuran utama pembuatan beton cor.

Macam-macam Batu Split dan Fungsinya

Batu Split Agregat A

Split agregat A
Split agregat A (Source : google.com)

Batu split ini masuk dalam golongan batu sirtu. Ya, sesuai dengan namanya batu sirtu terdiri dari pasir dan batu. Bahan pembentuknya juga terdiri dari ukuran batu split, yaitu ukuran 10-20 mm, batu ukuran 20-30 mm dan batu ukuran 30-50 mm. Penggunaan batu split agregat A banyak ditemui sebagai bahan pengecoran dinding dan campuran beton.

Batu Split Agregat B

Batu Split Agregat B
Batu Split Agregat B (source : google.com)

Hampir sama dengan batu split agregat A. Batu split ini juga terdiri dari campuran pasir dan batu. Ukuran pembentuknya pun sama. Hanya saja jenis batu split agregat B mengandung tanah, yang mana ini menjadi permbeda dengan batu split agregat A. Kebayakan jenis batu ini digunakan sebagai material awal perkerasan jalan.

Batu Split Agregat C

Batu Split Agregat C sering disebut batu alas. Terdiri dari bahan pembentuk, yaitu abu pasir, tanah, dan berbagai ukuran batu split. Sering digunakan sebagai bahan timbunan pengurugan lahan, reklamasi, dan lain-lain.

Batu Split 0-5 mm

Batu Split ini juga sering disebut abu batu. Karena ukurannya paling lembut, partikelnya menyerupai pasir lembut. Banyak digunakan untuk campuran dalam proses pengaspalan, dapat digunakan sebagai pengganti pasir. Dan digunakan sebagai bahan utama untuk ppembuatan batako dan gorong-gorong.

Batu Split Ukuran 10-20mm

Jenis ukuran ini sering digunakan untuk pengecoran macam konstruksi jalan tol, gedung bertingkat, landasan pesawat, bantalan kereta api, jembatan, tiang pancang, dan sebagainya.

Di atas sudah dijelaskan tentang pengertian dan macam- macam batu split beserta fungsinya masing-masing. Untuk bahan bangunan lainnya, kami jg menyediakan seperti pasir merapi dengan kualitas terbaik, batu alam candi, batu ornamen, batu belah, pasir abu. Sebagai toko bahan bangunan online terbaik dan termurah kami melayani pengiriman ke Klaten, Jogja dan Soloraya. Kami tidak hanya melayani pesanan dalam partai besar atau grosir, namun kami juga melayani penjualan ecer.

Untuk informasi dan harga lebih detail, hubungi kami:

HP : 0851-0510-2345 (WA ada)

Email: seloluhursejahtera@gmail.com

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *