Tips Memilih Batu Alam untuk Dinding

Dinding batu candi

Sekarang ini, banyak orang yang memilih batu alam sebagai tempelan dekorasi untuk dinding. Selain menambah nilai aesthetic atau keindahan rumah, batu alam juga bisa menciptakan suasana sejuk dan alami di rumah. Namun, sebelum memasang batu alam pada dinding rumah hal pertama yang dilakukan adalah yaitu menyerasikan antara warna antara batu alam dan warna cat rumah. Karena pemilihan warna cat yang tidak tepat akan membuat dinding batu alam tidak terlihat natural. Pemasangan batu alam sebgai enterior rumah memberikan kesan kesejukan dan kemewahan hunian.

Untuk pemilihan batu alam kita harus memperhatikan beberapa faktor penting, misalnya jenis & tekstur batu alam, pola pemasangan dan area dinding yang akan dipasang batu alam. Penggunaan batu alam yang tidak sesuai dengan kondisi ruang yang akan kita pasang akan mengakibatkan kesan yang berbeda. Selain itu, jenis batu alam yang tidak sesuai penempatannya mengakibatkan perawatan yang kita lakukan harus lebih ekstra lagi sehingga biayapun akan bertambah besar.

Berikut tips untuk memilih batu alam serta penggunanaanya sebagai material dinding rumah :

Perhatikan Jenis Batu Alam

dinding batu alam
dinding batu alam

Jenis batu alam dibagi menjadi dua, yaitu solid & non solid. Jenis batu solid bisa diaplikasikan pada eksterior & interior rumah anda. Batu solid memiliki tekstur padat (tidak berpori), antara lain andesit, pacitoroso, bali greenalam. Jenis solid lebih tahan terhadap cuaca. Untuk non solid lebih baik jika diaplikasikan pada interior rumah. Contohnya seperti batu paras jogja.

Sesuaikan Jenis Batu Alam dengan Gaya Rumah

Dinding Batu Alam Susun Sirih
Dinding Batu Alam Susun Sirih (source : google.com)

Untuk rumah bergaya minimalis akan lebih cocok jika menggunakan batu alam dengan tekstur polos dan motif dengan ukuran yang tidak terlalu lebar. Misalnya batu andesit dengan ukuran 10×20, 15×30 atau 20×40. Untuk rumah besar bergaya mediteran akan lebih baik jika menggunakan batu alam dengan ukuran lebar atau memanjang, baik itu dengan tekstur permukaan polos/rata maupun yang tidak rata.

Sesuaikan Harga Batu Alam dengan Budget Anda

Harga batu alam bervariasi berdasarkan jenisnya. Untuk itu, anda akan lebih leluasa memilih batu alam sesuai dengan anggaran anda.

Bahan Aplikasi untuk Batu Alam

Saat ini banyak dijumpai semen yang dikhususkan untuk pemasangan batu alam. Akan tetapi, harga semen ini memang relatif lebih mahal, namun hasil pemasangan batu alam menjadi lebih kuat dan maksimal. Bagi anda yang ingin menghemat anggaran, semen biasa pun juga baik untuk digunakan asalkan rasio adonan semen : pasir kuat, misal 1 : 3 atau 1 : 2 akan lebih baik hasilnya.

Pelapis Anti Lumut (Coating)

Pemasangan coating, sejenis cairan untuk mencegah tumbuhnya lumut, sebaiknya menyesuaikan coating dengan jenis batu alam anda. Untuk jenis batu seperti andesit akan lebih baik jika anda menggunakan coating gloss agar batu tetap tampak natural. Untuk batu jenis paras gunakan coating natural khusus paras. Dan gunakan coating hitam / candi khusus untuk batu candi serta jenis batu lain yang ingin anda hitamkan.

Setelah mengetahui beberapa tips memilih batu alam untuk dinding, minatkah anda untuk mengaplikasikannya di rumah anda? Untuk mengetahui lebih banyak jenis dan ukuran batu alam, anda bisa mengunjungi laman produk kami. Info harga dan biaya pengiriman, anda bisa bertanya langsung dengan customer service kami via whatsapp atau email.

Untuk informasi dan harga lebih detail, hubungi kami:

Wa: 0851-0510-2345

Email: seloluhursejahtera@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *