Keunggulan Hebel

Keunggulan Hebal

Hebel atau bata ringan adalah salah satu material bangunan yang memiliki fungsi sama dengan bata merah yaitu untuk membuat dinding. Jika dilihat dari luar, bata ringan sekilas akan menyerupai beton pada umumnya, tetapi bata ringan memiliki bobot yang lebih ringan. Permukaannya pun halus serta bentuk dan ukuran dari bata ringan seragam karena dicetak dengan cetakan press beton.

Hebel umumnya dibuat secara massal oleh pabrik dengan olahan bahan dari campuran pasir kuarsa, semen, kapur, gypsum dan aluminium pasta. Bata ringan memiliki karakteristik yang halus dan ringan. Pada umumnya hebel memiliki ukuran 60 cm x 20 cm dengan ketebalan yang bervariasi 7-15 cm. Bata ringan memiliki berat kering sekitar 530 Kg/m3.

Keunggulan Hebel atau bata ringan

  1. Pemasangan lebih cepat.

Karena presisi, maka pemasangan hebel bisa dengan menggunakan mortar atau perekat instan sehingga pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat, sehingga biaya pemasangan menjadi lebih efisien.

  1. Rapih dan Bersih

Berbeda dengan pengerjaan pemasangan bata merah yang biasanya membutuhkan campuran mortar dari pasir dan semen. Hebel blok hanya membutuhkan semen instan yang dicampur sedikit air. Pemasangan bata ringan membuat hasil akhir dinding lebih bersih dan rapi permukaannya.

  1. Kedap Suara dan Tahan Air

Karena adanya rongga-rongga udara didalam material bata ringan membuat jenis material ini lebih ketap suara. Selain itu bata ringan juga mengklaim lebih tahan air, sehingga rumah akan lebih tahan terhadap cuaca hujan yang lembab.

  1. Tidak perlu banyak plesteran yang tebal

Bata ringan memiliki karakteristik yang sangat halus, sehingga tampilan bata ringan yang sudah terpasang akan terlihat lebih rapet an hampir tidak membutuhkan plasteran untuk bata ringan ini. Namun sebaiknya plasteran tetap dilakukan untuk menambah estetik dan melindungi material dinding dari rembesan air hujan dan cuaca buruk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *